Hj. Erni Haris Mawanti Sambut Peserta Study Banding Pemda Cirebon di Dismigratif Desa Paringan

PONOROGO I jenangan.ponorogo.go.id – Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) menjadi prioritas bagi para peserta Study Banding dari Kabupaten Cirebon, seperti kali ini terlihat beberapa lintas sektor dari pemda Cirebon telah Kunjungan Kerja (Kunker) dan Study Banding ke Desa Paringan dalam rangka belajar dan melihat langsung program Desa Migran Produktif (Dismigratif). Kunjungannya kali ini di sambuat langsunga oleh Camat Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti.

Perlu di ketahui bahwa Program Dismigratif digagas oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) ini bagian dari upaya pemerintah melindungi dan meningkatkan kesejahteraan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri dan keluarganya sejak dari kampung halaman.

Program ini melibatkan 11 Kementrian dan lembaga, yaitu Kementerian Pariwisata, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Ekonomi Kreatif.

Camat Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti, S.Sos M.Si saat di konfirmasi mengatakkan bahwa Study banding ini terkait program Desmigratif yang ada di desa Paringan. “Peserta Study Banding dari Kabupaten Cirebon ini dari lintas dinas, diantaranya dinas ketenaga kerjaan, dinas pariwisata, dinas perdakum dan Balitbangda Kabupaten Cirebon,”terangnya.

Lebih lanjut Erni menambahkan, Kunjungan dari Cirebon tersebut di terima langsung oleh Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Ponorogo, Supriyanto, SE,MM, Kepala Desa Paringan, Suwendi,SH serta perangkat desa paringan, Ketua BPD Teguh dan pelaku umkm desa Paringan.

“Kegiatan dilaksanakan tangal 30 Agustus 2022, yang di awali penerimaan di Joglo Desa Paringan dan di lanjutkan dengan sarasehan serta diskusi tentang program Desmigratif dilanjutkan kunjungan ke tempat produksi UMKM, diantarnya produksi air BALI, produksi criping dan Prodiksi Tape madu paringan.

  • Reporter : Media Center – Ang

Pos terkait