Bentuk Dukungan Pemerintah Kecamatan, Hj. Erni Haris Mawanti Hadiri Giat Selamatan Rakyat Rasuluhusada Desa Paringan

  • Whatsapp

Hj. Erni Haris Mawanti saat memberikan sambutan dalam acara Selamatan Rakyat  Rasuluhusada di Joglo Balai Kesenian Desa Paringan, Selasa (14/6/2022).

PONOROGO I jenangan.ponorogo.go.id – Pelestarian Seni, Budaya dan Adat istiadat masyarakat desa terus di lestarikan oleh pemerintah Desa Paringan, itu terlihat di setiap tahunya pemerintah Desa Paringan rutin melakukan tradisi itu, seperti kali ini terlihat digelar Tradisi selamatan rakyat yang di sebut Rasuluhusada, tradisi ini diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Paringan, bertempat di Joglo Balai Kesenian Desa Paringan, Selasa (14/6/2022).

Tradisi selamatan rakyat Rasuluhusada ini, oleh pemerintah Desa Paringan di kemas Dalam rangka Bersih Desa tahunan, yang diikuti oleh seluruh masyarakat Desa setempat. Tradisi tersebut merupakan wujud pelestarian kearifan lokal desa yang mempunyai nilai nilai luhur yang perlu di kembangkan dan di lestarikan keberadaanya, dan Selamatan Rakyat Rasuluhusada ini merupakan tradisi budaya yang juga Khasanah Budaya Bangsa.

Kegiatan selamatan rakyat Rasuluhusada tahun ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Sebab, tahun ini digelar di Joglo Balai Kesenian Desa Paringan yang telah terbagun menggah di tengah tengah taman Desa Paringan Asik.

Rangkaian kegiatan tradisi Selamatan Rakyat Rasuluhusada di gelar 1 hari 1 malam dimulai dari tanggal 14 Juni 2022 pukul 13.00 -16.00 Khotaman Al-Quran, pukul 16.00 – 18.00 Ziarah Makam Eyang Pronowijoyo, (atau yang babat Desa Paringan) pukul 19.00 -21.00 Tradisi rakyat,”Salamat Rakyat” yang di beri nama Selamatan Rakyat Rasuluhusada dan di teruskan malam puncaknya di gelar Karawitan Madya Laras desa sampai selesai.

Hadir dalam kesempatan itu, Forpimcam Jenangan, Antara lain Camat Kecamatan Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti,S.Sos, Msi, Kapolsek Jenangan, Danramil Jenangan, Pakasa Gebang Tinatar Ponorogo, Kepala Desa Paringan, Suwendi, SH, jajaran Perangkat Desa Paringan, BPD, PKK, Seluruh Ketua RT dan tokoh masyarakat tokoh agama dan masyarakat Paringan.

Keunikan dalam Acara Selamatan Rakayat Rasuluhusada ini, yaitu semua masyarakat yang ada di Desa Paringan saat prosesi Selamatan Rasuluhusada menggunakan pakaian serba putih baik pejabat maupun masyarakatnya, dan acara ini digelar di Sepanjang Jalan dan di seputaran Joglo Balai Kesenian dan di taman desa Paringan Asik Desa Paringan.

Sementara terkait tradisi selamatan Rakyat Rasuluhusada ini, Kepala Desa Paringan Suwendi, SH menjelaskan, bahwa acara ini di lakukan Masyarakat Desa setiap tahun sekali dalam rangkaian Bersih Desa, dan Acara tradisi Salamatan Rakyat Rasuluhusada ini sendiri dilakukan sebagai ungkapan syukur kepada Allah Swt, “kata Suwendi,SH.

Tradisi ini di gelar, lanjut Suwendi, karena pemerintah dan masyarakat Desa Paringan ini telah di berikan keselamatan dan keberkahan sehingga Warga Desa Paringan bisa hidup damai dan tentram. “Acara ini juga untuk mengharap keselamatan kepada Allah SWT, agar pemerintah Desa dan Masyarakat Paringan kedepan senantiasa dijaga dari segala musibah dan bencana, juga sebagai ungkapan rasa syukur,” harap Suwendi.

Lebih lanjut Suwendi menambahkan, Masyarakat Desa Paringan menggelar selamatan dengan membawa ambengan dan panggang yang di arak bersama dan ditaruh di Joglo Balai Kesenian dan di sepanjang Jalan yang ada di taman Paringan Asik.

Sementara itu Camat Kecamatan Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti juga menyampaikan bahwa Prosesi selamatan Rasuluhusada ini, diadakan di setiap satu tahun sekali ketepatan dengan Bersih Desa. “Saat ini ada kurang lebih 150 ingkung dan tumpeng yang di arak dari balai Desa Paringan juga terlihat ada tumpeng raksasa dari hasil bumi seberat 100 kilo gram,”terangnya.

Adapun tradisi selamatan rakyat Rasuluhusada ini, lanjut Erni di tandai dengan penyerahan tumpeng utama dari Kepala Desa ke Sesepuh Desa yang ada di Desa setempat, dan acara di lanjutkan dengan melakukan do’a bersama. acara di akhiri dengan menyantap ambengan dan makan bersama – sama.

  • Reporter : Media Center.