Ada 4 Desa di Kecamatan Jenangan Masuk Status Desa Mandiri Tahun 2022

  • Whatsapp

PONOROGO I jenangan.ponorogo.go.id – Pemerintah Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu Kecamatan dari 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ponorogo. Kecamatan ini juga salah satu jalur poros menuju ke potensi wisata unggulan Ponorogo, yaitu Wisata Alam Telaga Ngebel Ponorogo.

Perkembangan dan kemajuan baik potensi dan pemberdayaan masyarakatnya sangat terlihat di wilayah Kecamatan Jenangan ini. Itu terlihat di wilayah ini ada beberapa Desa yang telah meraih beberapa penghargaan baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi. Seperti kali ini ada 4 Desa yang ada di Kecamatan Jenangan yaitu Desa Jenangan, Paringan, Nglayang dan Desa Ngruptit, telah di tetapkan oleh pemerintah Kabupaten Ponorogo statusnya sebagai Desa Mandiri di tahun 2022.

Camat Kecamatan Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti, S.Sos, M.Si membenarkan bahwa ada 4 desa di wilayah Kecamatan Jenangan yang telah meraih penghargaan dan di tetapkan statusnya sebagai Desa Mandiri di tahun 2022. “Desa berkembang, Desa Maju, dan Desa Mandiri. Di Ponorogo, terdapat ada 14 desa, dengan kategori makmur dengan kualitas hidup masyarakat sejahtera, infrastruktur memadai, serta penyelenggaraan pemerintahannya baik, itu semua sesuai hasil dari ketentuan pemeintah Kabupaten Ponorogo.

Menurut Hj. Erni Haris Mawanti keberhasilan itu semua pasti ada keterlibatan semua pihak, baik pemerintah desa, pemerintah Kecamatan dan juga tenaga Pendamping Profesional Program Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa (TPP P3MD) yang selama ini mengawal.

Hj. Erni Haris Mawanti mengapresiasi capaian 4 desa mandiri itu di wilayahnya. Pihaknya mengajak seluruh pemerintah desa beserta masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Jenangan ikut memajukan desa agar masuk klasifikasi mandiri. “Kita harus lebih kuat dan maju dari pada wilayah desa – desa yang ada di wilayah Kecamatan lain. Sebab ratusan desa yang sekarang ini berstatus berkembang dan maju akan berlomba-lomba menuju desa mandiri,”tegasnya.

‘’Percepatan pembangunan di Desa di Wilayah Kecamtan Jenangan ini merupakan bagian dari ikhtiar menjadikan desa yang mandiri. Program dana RT yang sudah berjalan dapat menjadi pelecut,” tandasnya.

  • Reporter : MEDIA CENTER