Hj. Erni Haris Mawanti Pimpin Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di TMP di Desa Pajeng

  • Whatsapp

PONOROGO I jenangan.ponorogo.go.id – Pemerintah Kecamatan Jengan Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jwa Timur menggelar upacara Ziarah dan Tabur Bunga di taman makam pahlawan (TMP) di Desa Pajeng Kecamatan Jenangan, Rabu (17/8/2022).

Kegiatan tabur bunga dan ziarah makam pahlawan ini, merupakan agenda lanjutan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022 yang ada di wilayah pemerintah Kecamatan Jenangan.

Camat Kecamatan Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti, S.Sos, M.Si memimpin langsung upacara itu, diikuti jajaran Forkopimcam Jenangan, (Camat, Kapolsek, Ndanramil_red), jajaran Staf Kecamatan, Organisasi pencak silat, ibu-ubu PKK serta Kepala Desa se- Kecamatan Jenangan.

Kegiatan upacara di awali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara, (Camat Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti, S.Sos, M.Si_red) dan penaburan bunga ke makam para pahlawan oleh seluruh jajaran Forkopimcam Jenangan dan Kepala Desa.

Dikatakan Hj. Hj. Erni Haris Mawanti, S.Sos, M.Si bahwa upacara ziarah dan tabur bunga ini penting dilaksanakan guna mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur merebut dan menjaga keutuhan kedaulatan Negara NKRI.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu ingat kepada jasa pahlawannya. Kita melaksanakan ziarah ini guna mengenang jasa para pahlawan bangsa, yang mana agar kita dapat melanjutkan perjuangan dari para pahlawan,” ujarnya.

Melanjutkan perjuangan, Lanjut Hj. Erni Haris Mawanti, bukan serta merta harus berperang, namun kita memiliki peran masing-masing untuk membangun negeri INI serta menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa. Ia menambahkan salah satu cara untuk turut serta dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara adalah dengan mengaplikasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Nilai toleransi, nilai keadilan dan nilai gotong royong harus senantiasa kita terapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Begitu pula yang kami upayakan dalam membina warga masyarakat Jenangan agar menjadi pribadi yang dapat menerapkan nilai dasar dari pancasila seperti harapan para pejuang kita terdahulu,”tandasnya.

Acara Ziarah dan Tabur Bunga di taman makam pahlawan (TMP) di Desa Pajeng di lanjutkan ramah tamah kenegaraan di pendopo Kecamatan Jenangan.

  • Reporter : MEDIA CHENTER – ANG

Pos terkait