Camat Jenangan Ucapkan Terimakasih Atas Realisasinya Program Rutilahu Dari Kodam V Brawijaya dan Dinas Terkait

  • Whatsapp

PONOROGO | jenanganponorogo.go.id – Program pembenahan rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang dilaksanakan di dukuh Bakayen, Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, terlihat bisa berjalan dengan lancer dan kompak, Sabtu (01/8/2020).

Program pembenahan rumah tidak layak huni (Rutilahu) tepatnya di dukuh Bakayen, Desa Plalangan, di kediaman Ibu Mariyem, seorang janda tua yang tinggal seorang diri. “Program ini merupakan kerjasama anatara Kodam V Brawijaya bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Kodim 0802/Ponorogo, Program ini ada disetiap desa dan dilakukan satu tahun sekali, “Terang Wawan Tri Santoso Babinsa Desa Plalangan.

Lebih lanjut Wawan Tri Santoso Babinsa Desa Plalangan yang berpangkat Kopral dua ini menambahkan, bhawa Penduduk yang berhak mendapatkan program bantuan ini merupakan warga yang telah dipilih berdasarkan rapat dan koordinasi antara Babinsa dan Perangkat Desa. “Ibu Mariyem ini merupakan salah satu warga desa Plalangan yang janda sejak lama bekerja serabutan di sawah dengan penghasilan yang tidak menentu. Rumahnya masih berdinding bambu, lantainya pun masih cor, sehingga ia memang layak untuk diberikan bantuan berupa pembenahan rumah yang lebih layak,“Imbuhnya.

Program ini dilaksanakan secara kerja bakti oleh TNI dan masyarakat setempat, Hal ini sekaligus untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat agar guyub dan rukun. “Sa’at pelaksanaan pembongkaran awal Rutilahu ibu Mariyem ini dihadiri oleh Kepala Desa Plalangan, Babinsa, Kepala Dusun Bakayen, dan juga Ketua RT, Selain pemberian bantuan berupa pembenahan Rutilahu, Kepala Desa Plalangan Ipin Herdianto juga menambahkan bantuan berupa uang dan alat pengaduk lumpur untuk mempercepat pembangunan rumah Ibu Mariyem, jelas Bapak Kepala Desa, “Tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Plalangan, Ipin Herdianto berharap program ini dapat membantu masyarakat yang masih kekurangan dan memiliki rumah tidak layak huni, Sehingga dengan adanya program ini dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa.

“Alhamdulillah dengan adanya program ini sangat membantu warga saya, seperti saat ini, Ibu Mariyem sebagai seorang janda yang tinggal sendirian dengan rumah yang memang masih bambu sekarang dibangun dengan batako yang lebih kokoh, semoga dengan bantuan ini bisa membantu dalam perekonomiannya,” jelas Ipin.

Sementara itu Camat Kecamatan Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti, S.Sos sa’at di konfirmasi tentang program Rutilahu di Desa Plalangan ini, dirinya menyampaikan sangat bersyukur atas bantuan yang telah di mulai ini. “Alhamdulillah ahirnya rumah Ibu Mariyem ini bisa dapat program Rutilahu, Program dari Kodam V Brawijaya semoga dengan program Rutilahu ini bisa bermanfaat buat Bu Mariyem,”Terangnya. (Lia/Ab/Ang).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *