Melalui Anggota Komisi V DPR RI Dapil Jawa Timur VII, Desa Paringan Kecamatan Jenangan

  • Whatsapp

PONOROGO | jenanganponorogo.go.id – Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, melalui Anggota Komisi V DPR RI Dapil Jawa Timur VII telah berhasil mendapatkan Program PISEW di tahun 2020, itu sesuai yang di sampaikan oleh Anggota Komisi V DPR RI Dapil Jawa Timur VII, Hj. Sri Wahyuni, S.Sos pada peletakan batu pertama Dukuh Pangkal Desa Pangkal Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Rabu (29/7/2020) .

Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo mendapatkan Program PISEW bersumber dana pusat sebesar Rp. 600 juta dari 7,8 miliar yang di bawa oleh Hj. Sri Wahyuni dari Kementrian PUPR RI guna mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Karya Tunai. Terutama meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah pemilihan Dapil VII Jawa Timur.

Selain program PISEW senilai Rp. 7,8 miliar, sebelumnya Anggota Komisi V DPR RI Dapil Jawa Timur VII dari partai NasDem, Hj. Sri Wahyuni, S.Sos ini, juga telah berhasil merealisasikan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) sebesar Rp. 6 miliar yang di realisasikan di 10 kecamatan di wilayah Kabupaten Ponorogo di tahun 2020 ini.

Hj. Sri Wahyuni, S.Sos sa’at di konfirmasi mengatakan bahwa, Program (PISEW) ini adalah program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (Kabupaten, Kecamatan dan Desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa.

“Total keseluruan sebenarnya ada 13, Cuma yang saya bawa ada 10 Kecamatan. Sedangkan tiga lainnya dibawa oleh Anggota DPR RI Gatot Sujito. Adapun program PISEW ini, manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat seperti jalan produksi pertanian, jembatan gantung, rumah subsidi, penanganan kawasan kumuh, air minum dan sanitasi,” kata Hj. Sri Wahyuni, sa’at peletakan batu pertama di Duku Pangkal Desa Pangkal Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Rabu (29/7/2020) .

Menurut Sri Wahyuni, usahanya ini memang belum maksimal, karena masih terdampak Pandemi Covid-19. Dia juga berjanji akan merealisasikan lagi program PISEW di tahun 2021 mendatang. Dia juga menjelaskan, program PISEW ini difokuskan pada peningkatan infrastruktur penghubung pertanian. Tujuannya untuk memudahkan akses petani desa dalam membawa hasil pertanianya.

Sementara Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni mengaku gembira dengan banyaknya program Nasional yang mengalir ke daerahnya. Menurutnya hal itu menjadi angin segar di tengah minimnya dana pembangunan di Ponorogo yang terdampak wabah Covid-19. “Program PISEW , Kotaku dan rehab rumah tahun ini kita rasakan seperti menghirup angin segar, karena sa’at ini hampir 50% dana APBD kita untuk Covid-19. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Hj. Sri Wahyuni,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Jenagan, Hj. Erni Haris Mawanti, S.Sos juga mengucapkan sangat berterimakasih kepada Hj. Sri Wahyuni, S.Sos Anggota Komisi V DPR RI Dapil Jawa Timur VII yang sudah memperjuangkan program PISEW sampai terealisasi ke Desa Paringan Kecamatan Jenangan ini. “ Saya Mengucapkan terimakasih atas terealisasinya program PISEW di Desa Paringan yang juga dari wilayah Kecamatan Jenangan, semoga program tersebut bisa bermanfaat untuk percepatan perekonomian masyarakat setempat,” Terangnya.

(Ab/Ang).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *