Istigotsah dan Ziarah Makam Religi Ponorogo Menjadi Awal Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke-524

  • Whatsapp

PONOROGO | jenangan.ponorogo.go.id – Mengawali peringatan hari jadi Kabupaten Ponorogo yang ke-524 tahun yang jatuh pada malam ini pukul 00:01 WIB atau bulan 11 Agustus 2020, Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar istigotsah di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Ponorogo, Senin malam (10/8/2020).

Istigotsah tersebut menandai dimulainya rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo pada tahun 2020 ini yang bertemakan “Membangkitkan Optimisme Ditengah Pandemi”. Selain Istigosah, malam ini juga ziarah dua makam religi di Ponorogo, yaitu di makam Batoro Katong dan makam Kajeng Raden Mas Arya Mertonegoro Bupati pertama Ponorogo.

Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni saat dikonfirmasi mengatakan bahwa, Istigotsah, ziarah makam Batoro Katong dan makam Kajeng Raden Mas Arya Mertonegoro Bupati pertama Ponorogo ini bertujuan selain mendo’akan dua tokoh tersebut rangkain ini juga bentuk pelestarian budaya ponorogo. Adapun dipilihnya tema tersebut ia berharap pemerintah dan masyarakat tidak putus asa dan tetap bersemangat mencegah penularan covid-19 agar pandemi covid-19 segera berakhir di Ponorogo.

Bupati Ipong juga mengatakan bahwa menurutnya semangat saja tidak cukup tapi juga harus disiplin dalam penerapan protokol kesehatan itu merupakan kunci utama mencegah penularan covid-19,” Ungkap Bupati Ipong.

Dijelaskannya hari jadi Kabupaten Ponorogo pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya pandemi global covid-19. “Acara besar seperti festival reyog yang biasanya digelar, pada tahun ini ditiadakan. Bupati Ipong juga menyampaikan, Kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan tidak kita adakan pada tahun ini,” Jelasnya.

Setelah istighotsah , Lanjut Bupati Ipong akan dilanjutkan dengan ziarah ke makam adipati pertama Kabupaten Ponorogo yaitu Raden Batoro Katong, dan Raden Hadi Mertonegoro yang merupakan Bupati ke-13 Kabupaten Ponorogo yang juga salah satu tokoh yang memindahkan pusat Pemerintahan dari kota lama ke pusat Pemerintahan sekarang ini.“Esoknya bada subuh akan dilanjutkan ziarah ke Tegalsari, Ki Ageng Kutu, dan Demang Suryo Ngalam yang juga merupakan salah satu tokoh cikal bakal Kabupaten Ponorogo,” Pungkasnya.

Sementara itu Camat Kecamatan Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti juga menyampakkan bawa, di setiap tahunnya tradisi ziarah makam Eyang Batoro Katong ini rutin diselenggarakan seperti malam ini untuk mengawali agenda besar Ponorogo. ” Agenda ziarah makam Eyang Batoro Katong sudah menjadi agenda tahunan, terutama di acara Hari Ulang Tahun Kabupaten Ponorogo dan juga angenda agenda besar pemerintah Kabupaten Ponorogo lainnya,”Terangnya.

Erni Haris juga menyampaikan bahwa makam religi Eyang Batoro Katong ini adalah bertempat di wilayah Kecamatan Jenangan tepatnya di wilayah Kelurahan Setono. “Jadi disetiap agenda besar pemerintah Kabupaten Ponorogo kami selalu ikut hadir di makam sebab kami selalu menyambut sebagai tuan rumah. Ketepatan ziarah saat ini untuk mengawali Hari Jadi Kabupaten Ponorogo yang ke – 524 tahun kami selalu mendukung dan semoga acara ini bisa bermanfaat dan sukses, “Terangnya.

Rangkaian hari jadi ini nantinya akan ditutup dengan sidang paripurna istimewa. Pada sidang paripurna tersebut akan diberikan penghargaan kepada masyarakat atas dedikasinya yang telah diberikan kepada Kabupaten Ponorogo di tahun 2020 ini.

(Fd/Ab/Ag).

Pos terkait