Hj. Erni Haris Mawanti Dukung dan Beri Apresiasi Panen Raya Jagung Para Petani Desa Paringan Yang Tergabung di Gapoktan Gemah Ripah

  • Whatsapp

PONOROGO I jenangan.ponorogo.go.id– Camat Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti menyampaikan dukungan dan Apresiasinya kepada para petani Desa Paringan yang tergabung di Gapoktan Gemah Ripah, saat ini telah melakukan panen raya jagung. Panen raya jagung kali ini terlihat sukses dan meningkat dari taahun – tahun yang lalu, saat ini bisa mencapai 13/15 kwintal perkotaknya.

Hj. Erni Haris Mawanti, S.Sos, MSi mengatakan bahwa di tengah – tangah meluasnya wabah corona atau covid -19 ini, perlu di kuatkan komuditi di sektor ketahan pangan seperti padi, jagung dan sayur sayuran. “Dari pemerintah daerah sudah memprogramkan bahwa di masa pandemic covid – 19 ini, masing masing desa suapaya memperkuat komuditi dan mengembangkan di sektor ketahanan pangan, seperti yang telah di programkan pemerintah terkait ketahan dapur di tengah – tengah pandemic covid -19 tahun ini, “Terangnya.

Sementara itu, Menurut Ketua Gapoktan Gemah Ripah Desa Paringan, Tajib mengatakan bahwa, kegiatan hari ini adalah dalam rangkan Ubinan dan sekaligus melakukan panen raya perdana Jagung yang di tanam di lahan seluas 40 hektar. “ Hari ini kami para petani Desa Paringan yang tegabung di Gapoktan Gemah Ripah melakukan panen raya jagung, ini semua benihnya berasal dari bantuan Dinas Pertanian Ponorogo, “Terangnya.

Lebih lanjut, Tajib menambahkan bahwa, jagung yang di panen kali ini benihnya dari bantuan Dinas Pertanian Ponorogo, dan jenis benihnya yaitu bisi 8,16, dan pupuknya memakai pupuk POC. “Alhamdulilah hasil pertanian tahun ini sangat memuaskan dan juga meningkat dari tahun tahun yang lalu, per kotaknya tahun ini bisa sampai 13/15 kwintal,”Terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Paringan, Suwendi, SH saat mendampingi panen raya jagung di area pertanian Desa Paringan mengucapkan syukur Alhamdulillah. “ Saya ucapkan syukur Alhamdulillah atas panen raya jagung tahun ini bisa meningkat dari tahun – tahun sebelumnya, dan saya atas nama kepala Desa dan warga Desa Paringan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Ponorogo, lewat Dinas Pertanian, yang telah membantu petani di desa kami, sehingga hari ini bisa panen jagung dengan hasil yang bagus dan sangat memuaskan, “Terangnya.

Atas keberhasilnya tanaman jagung yang sudah kita tanam tahun ini, kata Suwendi, Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi. “Dan yang terpenting harapan kami agar pemerintah daerah tetap bisa membantu terus supaya bisa berkelanjutan dan memberi manfaat bagi masyarakat di Desa Paringan, “Tandasnya.

Acara panen raya jagung ini, diakhiri dengan kegiatan memanen jagung bersama dengan beberapa Kelompok Tani, yang tergabung di Gapoktan Gemah Ripah Desa Paringan, PPL dan Kepala Desa dan pemilik lahan masing – masing. (Fad/Ag).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *