Hj. Erni Haris Mawanti Dukung Pemdes Plalanagan Gelar Pelatihan Demi Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Desa

  • Whatsapp

PONOROGO I kecamata.jenangan.go.id – Dukungan Camat Jenangan terhadap pemerintah desa Plalangan sangat besar, seperti saat ini, dukungannya Hj. Erni Haris Mawanti saat Pemerintah Desa Plalangan menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui program pelatihan budidaya tanaman sayuran di polibeg dalam rangaka penguatan ketahanan pangan di tingkat Desa, pelatihan di gelar di pendopo Desa Plalangan, Senin (23/11/2020).

Menurut Camat Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti, S.Sos, Msi mengatakan bahwa Kegiatan yang di hadiri, Kepala Desa Plalangan, Ipin Herdiyanto, Ketua TP PKK Desa Plalangan, Nyi Rhosy Irawati dan juga para anggota dan ibu – ibu penggerak PKK se – desa Plalangan dan juga mengahdirkan 2 nara sumber pelaku dan penggiat pertanian itu sudah sangat baik dan bisa untuk percontohan desa – desa lain di wilayah Jenangan. “Kegiatan yang di gelar oleh pemdes Plalangan ini sudah sangat baik dan tepat, sebab di era virus corono atau covid- 19 ini membutuhkan ketahanan pangan tingat DESA, “Terangnya.

Dalam sambutan Kepala Desa Plalangan, Ipin Herdiyanto mengatakan bahwa pelatihan Budidaya Tanaman Sayur di polibeg ini merupakan suatu rangkaian kegiatan pelatihan yang menggunakan APBDES Tahun 2020 bidang pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya pelatihan budidaya tanaman sayur di polibeg ini, merupakan salah satu alternatif usaha keluarga bagi ibu-ibu ataupun bapak-bapak yang mempunyai waktu luang. Selain sebagai hobi juga bisa untuk tambahan penghasilan keluarga.

“Bagi keluarga yang mempunyai pekarangan luas selain tanaman sayur juga bisa ditambah usaha tanaman yang lain, hewan ternak dan kolam ikan. Apabila tanah pekarangan sempit bisa menggunakan media pot atau polibeg seperti yang di praktekkan saat ini, “Terangnya.

Adapun jenis – jenis tanaman yang di pelajari saat ini antara lain, Cabe rawit, Strobery, Waluh, Cabe pelangi, Bayem Brazil, Brokoli, Sawi Vertikal, Sledri, Tomat dan Lemon. “Untuk media tanamnya saat ini, memakai Sakem Kompos, Kokopit dan Bokashi,”Terang Ipin Herdiyanto.

Sementara itu Sucipto sebagai nara sumber pelatihan mengatakan, di pelatihan tanaman sayur di polibeg ini supaya mendapatkan hasil tanaman sayur yang bagus, diperlukan adanya media tanah, serat batu dan bahan media tanam yang terdiri dari, Pupuk kandang/kompos dan lain sebagainya.

“Saat ini yang kita ajarkan penanaman sayur di polibeg jenis – jenis tanamannya antara lain, Cabe rawit, Strobery, Waluh, Cabe pelangi, Bayem Brazil, Brokoli, Sawi Vertikal, Sledri, Tomat dan Lemon dan sekaligus kita ajarai bagaimana cara penanamanya,”Terangnya.

Para peserta terlihat semangat dan antusias, peserta latihan menunjukan adanya ketertarikan dan minat yang besar, untuk memanfaatkan pekarangan yang sempit ataupun yang luas sebagai usaha budidaya tanaman sayur. (Fad/Ag).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *