Menuju Kampung Jambu, Desa Ngrupit Gandeng KKN Unmuh Ponorogo Adakan Sosialisasi Budidaya Jambu Kristal

  • Whatsapp

PONOROGO I jenangan.ponorogo.go.id – Salah satu Program Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, selain Swasembada pangan baik padi dan jagung, juga termasuk holtikultura sayur – sayuran, juga buah – buahan. Seperti saat ini pemerintah Desa Ngrupit telah menggandeng Universitas Muhammadiyah Ponorogo menggelar sosialisasi Budidaya Jambu Kristal. Itu semua untuk mendukung terwujudnya Desa Ngrupit menjadi Wisata Kampung Jambu Kreistal, Senin 928/12/2020).

Menurut nara sumber dari Batu Malang, Rahmat Hardyanto mengatakan bahwa, para pelaku budidaya Jambu kristal perlu memahami bahwa jambu kristal termasuk dalam golongan jambu biji tapi tidak ada bijinya.bahwasannya pilihan jambu kristal untuk wilayah Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan – Ponorogo sudah betul. “Karena jambu kristal mempunyai kelebihan yaitu, manis,gurih,nilai jual buah yang tinggi dan bisa berbuah sepanjang tahun, “Terangnya.

Lebih lanjut, Rahmat Hardyanto juga mengatakan, manfaat jambu biji bisa mencegah kanker, menurunkan hipertensi, mencegah diare dan menurunkan berat badan. jambu kristal berasal dari negara Brazil dan bisa tumbuh didaratan rendah sampai 1200 diatas permukaan laut.

Menurut Rahmat yang terpenting bisa mengkondisikan media tanam dengan cara menyiapkan lubang tanam yaitu panjang x lebar x dalam 40 cm. dengan komposisi 1 bagian tanah , 2 bagian sekam/ abu sekam dan 1 bagian lagi pupuk kandang. pembelian bibit yang bagus ada labelnya sehingga bisa dijamin kualitasnya karena sudah melalui uji lapang.

“Cara pemeliharaan 1.5 meter dari tanaman, rumput harus disiangi,tunas dipangkas disisakan yang baik saja. pemupukan harus rutin. untuk memberantas kutu buah dan memperbaiki rasa buah dengan memberikan pupuk NPK. selain untuk pupuk, NPK juga berkasiat memperkaya rasa manis buah. Jumlah 20-30 daun untuk 1 buah Buah harus diseleksi uang baik agar tidak terjadi over produksi. Pemupukan 1 pohon hanya membutuhkan 1 ons pupuk NPK,”Tandasnya.

Sementara itu Camat Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung dengan kegiatan yang di adakan oleh pemerintah Desa Ngrupit dan KKN Unmuh Ponorogo. “Saya sangat mendukung kegiatan ini semoga apa yang di inginkan para pelaku khususnya pemerintah Desa Ngrupit bisa terwujud, Desa Ngrupit menjadi Kampung Jambu Kristal, ” Tandasnya. (Fad/Ag).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *