Lestarikan Tradisi di Masa Pandemi, Desa Paringan Adakan Bersih Desa Dengan Prokes Covid-19 Ketat

JENANGAN I jenangan.ponorogo.go.id – Tradisi Bersih Desa, Desa Paringan Kecamatan Jenangan diadakan secara sederhana karena masih pandemi Covid-19 serta PPKM Darurat. Ditandai dengan genduri di Balai Desa, Ziarah Makam Makam Eyang Pronowijoyo di Desa Paringan, Jumat 9 Juli 2021.

Suwendi, S.H, Kepala Desa Paringan saat dikonfirmasi mengatakan, Bersih Desa ini menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya dan menjadi tradisi turun-temurun. Ia menyebut, Bersih Desa di Desa Paringan memiliki makna untuk membersihkan diri dan menjauhkan dari mala petaka, maupun mara bahaya.

“Bersih Desa ini Kami selenggarakan dengan maksud nguri-uri Budaya Jawa, sekaligus Bersih Desa di Desa Paringan merupakan kegiatan sakral yang turun-temurun dari leluhur di wilayah Desa Paringan” jelas Suwendi.

Sementara itu, Erni Haris – Camat Jenangan mengapresiasi tradisi Bersih Desa yang dilaksanakan oleh Desa Paringan. Dengan adanya kegiatan Bersih Desa ini masyarakat di wilayah Kecamatan Jenangan dapat nguri-uri Budaya Jawa sekaligus melestarikan Budaya Jawa.

“Sangat mengapresiasi tradisi Bersih Desa yang dilakukan masyarakat Desa Paringan, Harapan Saya dengan Bersih Desa Tahun 2021, masyarakat di Desa Paringan dan sekitarnya selamat dari musibah maupun mara bahaya yang melanda” jelas Erni Haris.

Camat Jenangan berharap, dengan diadakannya Bersih Desa di Desa Paringam, seluruh masyarakat dapat terhindar dari segala bencana, maupun mara bahaya terlebih Pandemi Covid-19 segera hilang dari Bumi Roeg khususnya. (Fad/Ang)

Pos terkait