Hj. Erni Haris Mawanti Dukung Peningkatan Ekonomi Kreatif Melalui Pelatihan Pembuatan Jamu Instan

PONOROGO I jenangan.ponorogo.go.id – Peningkatan Ekonomi Kreatif melalui Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Jamu Instan di Desa Tanjungsari terlihat di prioritaskan oleh pemerintah Kecamatan melalui pengerak TP PKK Kecamatan.

Seperti kali ini Ketua TP PKK Kecamatan Jenangan bersama dengan TP PKK Desa Tanjungsari yang didampingi para Ketua Pokja PKK Desa melakukan pendampingan dan kunjugan di tempat industri rumahan Jamu Instan, Tepatnya di Dukuh Krajan I RT/3 RW/2 Desa Tanjungsari, Kamis (10/3/2022).

Menurut Ketua TP PKK Kecamatan Jenangan, Hj. Endang Sujiasih, S.Sos mengatakan bahwa di era pendemi covid-19 terjadi selama ini, menjadikan beberapa sektor vital turut terdampak. Perekonomian merupakan salah satu sektor, kata Hj. Edang Sujiasih yang terdampak di era pandemi ini. Hal ini dikarenakan mobilitas masyarakat diluar sangat dibatasi untuk mencegah dan memutus rantai penularan covid-19.

“Kami berupaya untuk memulihkan perekonomian masyarakat melalui pendampingan dan pelatihan pembuatan jamu instan seperti, beras kencur, temu lawak, kunyit dan juga jahe yang telah di kemas dengan baik. Dan kegiatan ini merupakan inisiatif dari para ibu ibu Desa Tanjungsari yang di damping para pengerak PKK Desa maupun Kecamatan, “terangnya..

Lebih lanjut, Hj. Endang Sujiasih mengatakan bahwa jamu instan ini merupakan jamu tradisional yang dibuat dari bahan-bahan herbal seperti beras kencur, kunyit asem dan temulawak. “Salah satu inovasi yang dilakukan oleh kelompok ibu – ibu di Desa Tanjungsari dengan menginovasi pembuatan jamu yang biasanya berupa jamu tradisional diolah untuk menjadi jamu instan,”tandasnya.

Sementara Itu Ketua TP PKK Desa Tanjungsari, Romdiana Widyawati mengatakan bahwa pendampingan yang di lakukan ini dalah salah satu bentuk program TP PKK Desa Tanjungsari dan juga bertujuan untuk menumbuh kembangkan kreatifitas dan kesejahteraan para kaum ibu-ibu yang ada di Desa Tanjungsari.

“Kelebihan jamu instan ini selain praktis juga lebih tahan lama penggunaannya. Kegiatan Pendampingan kali ini, salah satu dukungan dan pendampingan kepada ibu-ibu yanga ada di Desa Tanjungsari supaya lebih semangat, kreatif dan terdongrak perekonomiannya,”terangnya.

Perlu di ketahui bahwa cara pembuatan jamu instan ini diwali dengan mengambil sari-sari dari jahe yang ditambahkan air, sari-sari tersebut dimasak pada api sedang dan ditambahkan dengan gula sesuai takaran, dan Sari tersebut dimasak hingga mengkristal. Jamu yang sudah mengkristal cara panyajiannya dapat diseduh dengan air panas dan dapat ditambahakan dengan susu ataupun madu sesuai dengan selera.

Pelatihan dan Pendampingan usaha jamu instan kali ini terlihat mendapatkan dukungan dari Camat Kacamatan Jenangan, Hj. Erni Haris Mawanti, Ketua TP PKK Kecamatan Jenangan, Hj. Endang Sujiasih dan juga TP PKK Desa dan jajaran Pokjanya.

  • Reporter  : Media Center

Pos terkait